Selamat Datang di Blog Informasi KOMINFO TUBA CENTRE MTQ 42 LAMPUNG --Melalui MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2014, Kita Wujudkan Masyarakat Yang Gemar Membaca, Memahami dan Mengamalkan Isi Kandungan Al-Qur’an--

Rabu, 16 April 2014

PELAYANAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

PELAYANAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT TULANG BAWANG 
TERUS DITINGKATKAN

Memasuki usia Tulang Bawang yang ke-17 tanggal 20 Maret 2014 lalu, konsep pembangunan yang terus berjalan dengan hasilnya berupa fasilitas dan berbagai program pembangunan yang dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat, menjadi salah satu indikator bahwa pelayanan publik senantiasa mendapat
perhatian serius hingga 17 tahun usia Sai Bumi Nengah Nyappur ini.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang pun terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan upaya-upaya mensejahterakan masyarakat.

Selain pembangunan dan penyediaan fasilitas, dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pelayanan kepada masyarakat, beberapa program strategis juga dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

Diantaranya, meningkatkan pelayanan kependudukan seperti pada tahun ini dengan menggratiskan seluruh administrasi kependudukan, meningkatkan pelayanan administrasi pemerintahan seperti ijin usaha dan lain-lain, kemudian juga peningkatan terhadap pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, dan pelayanan sosial kemasyarakatan.

Sedangkan dalam mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan, perhatian dan kepedulian Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang diwujudkan, diantaranya melalui upaya menggelar pasar murah dan operasi pasar kebutuhan pokok di beberapa kecamatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, serta melakukan mediasi dan mencarikan solusi terhadap penyelesaikan konflik di tengah masyarakat.

Selain itu, kepedulian dan perhatian pemerintah daerah juga ditunjukkan kepada korban musibah bencara alam.

Seperti beberapa waktu lalu misalnya, dengan terjadinya musibah banjir di sejumlah wilayah di 7 kecamatan, yakni di kecamatan Menggala, Menggala Timur, Gedung Aji, Gedung Meneng, Dente Teladas, Penawar Aji dan Rawa Pitu, pelayanan diberikan oleh Pemerintah Daerah secara cepat dan tanggap untuk membantu masyarakat yang terkena musibah. Beberapa posko bantuan seperti posko pengungsian, posko kesehatan dan posko bantuan logistik, didirikan untuk memberikan pelayanan kepada korban banjir.

Sementara terkait upaya menciptakan keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang juga senantiasa berupaya membangun kerjasama dan koordinasi yang baik dengan aparat keamanan baik Polri maupun TNI, untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat.

Dalam hal keamanan, masyarakat Tulang Bawang pun layak bangga karena dalam satu tahun terakhir ini berdasarkan data Propinsi Lampung, angka keamanan Kabupaten Tulang Bawang tahun 2013 merupakan yang terbaik se-Propinsi Lampung.

Sehingga jelang pelaksanaan Pemilu Gubernur, Pemilu Legislatif, dan Pemilu Presiden tahun 2014, situasi kondusif yang tercipta di Kabupaten Tulang Bawang itu, diharapkan dapat mendukung berbagai agenda pesta demokrasi tersebut agar dapat berjalan dengan lancar, aman, damai, jujur dan demokratis di kabupaten Tulang Bawang.

Atas fungsi dan efektifitas pelayanan publik yang diupayakan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, saat ini perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang juga cukup positif.

Perkembangan itu seperti diantaranya yang ditunjukkan pada tahun 2013 lalu, dimana terjadinya peningkatan pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Tulang Bawang yaitu jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan pekonomian daerah selama satu tahun.

Bahkan tercatat, PDRB Kabupaten Tulang Bawang tahun lalu merupakan yang terbaik se-Propinsi Lampung. Oleh karenanya, hal ini tentu saja juga bisa dikatakan sebagai salah satu prestasi Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Apalagi tahun lalu nilai APBD Tulang Bawang hanya menduduki urutan ke-10 dari 14 Kabupaten/Kota se-Propinsi Lampung. Tetapi meski demikian, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang tetap berupaya menjalankan roda pemerintahan dengan baik untuk melayani masyarakat secara efektif dan efisien.

Sehingga meskipun dana APBD terbatas, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang pun tetap bisa melakukan hal-hal prioritas dan terbaik, demi kepentingan pembangunan daerah, serta upaya-upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

Pengelolaan sumber daya lokal akan ditingkatkan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui upaya pembangunan ekonomi kerakyatan, dan pengembangan kewirausahaan masyarakat.

Beberapa program kerja yang dilaksanakan diantaranya, pengembangan dan pembinaan kerajinan lokal khas daerah, seperti Maduaro dan Batik Tulang Bawang, pemberian bantuan peralatan untuk industri kecil dan menengah, revitalisasi pasar kabupaten, pasar kampung, serta memfasilitasi investor asing maupun lokal yang ingin berinvestasi di Kabupaten Tulang Bawang.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang juga mendukung dan memberikan apresiasi terhadap wirausaha dan ekonomi kreatif yang telah dilaksanakan masyararakat, seperti pengembangan budidaya buah naga yang dilakukan masyarakat Kampung Wiratama Kecamatan Penawartama, yang kini menjadi sentra buah naga di Kabupaten Tulang Bawang.

Dan ke depan usaha-usaha masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah seperti pengembangan buah naga di Wiratama tersebut, juga akan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui berbagai program pembinaan dan bantuan, sehingga diharapkan memiliki nilai tambah bagi masyarakat, untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraannya. *** 
(fer/kominfotuba)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar