Selamat Datang di Blog Informasi KOMINFO TUBA CENTRE MTQ 42 LAMPUNG --Melalui MTQ Ke-42 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2014, Kita Wujudkan Masyarakat Yang Gemar Membaca, Memahami dan Mengamalkan Isi Kandungan Al-Qur’an--

Rabu, 16 April 2014

PEMERINTAHAN TULANG BAWANG

KINERJA PEMERINTAHAN DAERAH


Saat ini jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang masa bhakti 2012-2017, diemban oleh Ir. Hanan
A Rozak MS – Heri Wardoyo, SH, yang dilantik pada tanggal 15 Desember 2012.

Seiring pergantian beberapa kepala daerah dan perkembangan kebijakan pemerintah pusat, kini tata kelola pemerintahan di Kabupaten Tulang Bawang pun telah mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Mulai dari Struktur Organisasi Pemerintahan, penataan wilayah administratif, hingga pemenuhan sarana dan prasarana pemerintahan.

Bupati Tulang Bawang
Ir. HANAN A ROZAK, MS
Sejalan perkembangannya, saat ini Perangkat Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang terdiri dari Sekretariat Daerah Kabupaten dengan 9 bagian, 4 asisten dan 5 staf ahli, serta Sekretariat DPRD, 16 Dinas, 14 Lembaga Teknis dan 3 Lembaga Lainnya, serta 15 pemerintah kecamatan, 147 pemerintah kampung dan 4 kelurahan .

Di bawah kepemimpinan Bupati Hanan A Rozak dan Wakil Bupati Heri Wardoyo, berbagai upaya telah dilakukan dalam satu tahun terakhir untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja satuan kerja dan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang. Berikut diantaranya:

- Meningkatkan Profesionalitas dan Produktivitas Aparatur,

Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak dan Wakil Bupati Heri Wardoyo sejak memimpin Tulang Bawang Desember 2013 lalu, berkomitmen untuk mewujudkan kinerja Pemerintahan Daerah yang lebih baik dan efektif, yang diantaranya ditempuh melalui upaya meningkatkan profesionalitas dan produktifitas kinerja aparatur.

Beberapa program kerja yang dilaksanakan antara lain: dengan melakukan penataan sumberdaya aparatur Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang melalui kebijakan mutasi pejabat struktural dan fungsional; meningkatkan pembinaan dan pengawasan kinerja aparatur melalui sidak ke satuan kerja; dan meningkatkan produktifitas aparatur melalui diklat, tugas belajar, ijin belajar, kesejahteraan pegawai, revitalisasi sarana pemerintahan, hingga upaya memenuhi jumlah aparatur secara kualitas maupun kuantitas.

Selain itu, penataan administrasi, pembinaan dan pemberdayaan tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang juga dilaksanakan. Hal ini karena, jumlah 2060 honorer yang ada, tentu merupakan tenaga kerja yang potensial untuk dioptimalkan kinerjanya dalam mendukung kinerja pemerintah daerah.

Sedangkan sejalan dengan tuntutan reformasi birokrasi dan perkembangan kebijakan pemerintah pusat, beberapa tindak lanjut yang dilaksanakan, diantaranya: untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi, pejabat Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang telah menandatangani Pakta Integritas, sesuai Instruksi Presiden Nomor 17 tahun 2011 dan Permenpan Nomor 49 tahun 2011.

Kemudian upaya lain yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang yaitu mulai tahun 2014, akan mulai menerapkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil, dan Undang-Undang tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). 

- Meningkatkan koordinasi dan kebersamaan Aparatur

Koordinasi dan kebersamaan aparatur di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang saat ini lebih ditingkatkan lagi. untuk membangun tim kerja yang solid dalam jajaran aparatur Pemerintah Daerah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan Rapat Koordinasi bulanan dilaksanakan secara rutin, dengan melibatkan seluruh pimpinan satuan kerja, serta Camat dan Aparat Kampung.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang pun selalu berupaya merangkul seluruh komponen daerah yang ada, untuk diajak bekerjasama, berpartisipasi dan saling mendukung dalam berbagai program pembangunan daerah.

Wakil Bupati Tulang Bawang
HERI WARDOYO, SH
- Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
Dalam kepemimpinannya saat ini, Bupati Hanan A Rozak dan Wakil Bupati Heri Wardoyo selalu menekankan kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Tugas dan fungsi pelayanan pemerintah daerah diintruksikan, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar pada seluruh satuan kerja di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, sesuai dengan bidang tugas dan fungsi masing-masing.

Sementara pada tingkat pemerintahan kecamatan dan kampung, sejalan dengan visi misinya Membangun dari Kampung, seluruh Camat beserta aparat kecamatan, serta Kepala Kampung dan aparat Kampung sebagai ujung tombak pemerintah daerah, juga perintahkan harus siap setiap saat dalam mengayomi dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya.

- Pemerintah Daerah makin dekat masyarakat dan aspiratif

Tata kelola pemerintahan di Kabupaten Tulang Bawang saat ini juga diarahkan lebih aspiratif dan semakin dekat dengan masyarakat.

Dalam hal ini bahkan Bupati Tulang Bawang Hanan A Rozak dan Wakil Bupati Heri Wardoyo sendiri yang langsung memberikan tauladan kepada aparaturnya.

Tauladan itu ditunjukkannya, dengan sering turun ke kampung-kampung, bahkan pada saat hari libur. Dimana hal ini juga diintruksikan agar dapat dilakukan oleh para pejabat Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang, yaitu rajin blusukan keluar masuk kampung di Kabupaten Tulang Bawang.

Tujuannya antara lain, disamping agar aparatur dapat lebih mengetahui kondisi daerah, serta untuk menggali aspirasi masyarakat, hal ini juga sekaligus untuk meningkatkan kebersamaan, koordinasi dan kerjasama yang baik antara jajaran Pemerintah Daerah dengan seluruh masyarakat.

- Pemerintah Daerah tingkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan

Selain dekat dengan masyarakat dan aspiratif, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang saat ini pun berupaya merangkul seluruh unsur masyarakat dan komponen daerah yang ada untuk berpartisipasi aktif, baik dalam mendukung maupun terlibat langsung dalam berbagai program pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang.

Sebut saja contohnya seperti pada pelaksanaan salah satu program unggulan pemerintah daerah saat ini, yaitu Gerakan Serentak Membangun Kampung (GSMK).

Program yang digagas oleh Bupati A Rozak dan Wakil Bupati Heri Wardoyo ini adalah program pembangunan yang aspiratif dan partisipatif. Karena dilaksanakan dari, oleh, dan untuk masyarakat. Tahun pertama 2013 lalu dilaksanakan, program ini tidak hanya sukses meningkatkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tulang Bawang, tetapi juga sukses meningkatkan partisipasi dan budaya gotong royong masyarakat Tulang Bawang yang kini semakin tinggi. 

- Pemerintah Daerah bersama Muspida lebih solid 

Hubungan komunikasi, kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dengan seluruh Anggota Muspida Plus Tulang Bawang, hingga kini terus ditingkatkan. 

Upaya-upaya yang dilakukan diantaranya seperti melaksanakan acara silaturahmi, dan rapat koordinasi jajaran Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang dengan Muspida Plus yang dijadwalkan setiap bulan, untuk membahas isue-isue strategis dan program kerja bersama.

Sementara dengan unsur Legislatif, DPRD Kabupaten Tulang Bawang, hubungan kerjasama yang baik sebagai mitra kerja juga dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang.

Demikian pula dengan berbagai unsur lainnya, seperti LSM, Media Massa, kalangan akademisi, unsur swasta, tokoh agama dan lain-lain, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang juga terus berupaya menjaga kebersamaan dan kerjasama yang baik, untuk bersama-sama mendukung pembangunan di Kabupaten Tulang Bawang.

Dalam 17 tahun perjalanan Kabupaten Tulang Bawang, secara umum perkembangan tata kelola pemerintahan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai dengan kampung/kelurahan di Kabupaten Tulang Bawang boleh dikatakan berjalan dengan cukup baik.

Sementara ke depan untuk meningkatkan pembangunan dan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang telah menyiapkan 7 program kerja prioritas untuk dilaksanakan pada tahun 2014, yaitu tata kelola pemerintahan, pembangunan infrastruktur wilayah, pendidikan, kesehatan, pertanian, ekonomi kerakyatan, dan lingkungan hidup. ***

(fer/kominfotuba)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar